Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 10 Desember 2016

Penilaian kredit itu apa ?

Penilaian Kredit ( Credit Scoring ) adalah suatu metode/cara yang digunakan oleh perbankan atau lembaga pembiayaan untuk menilai dan menentukan kelayakan seseorang menerima kredit.

Fungsi penilaian kredit ini adalah untuk menentukan pinjaman kredit calon debitur akan disetujui atau tidaknya, dan berapa persyaratan/dokumen yang harus dilengkapi, serta berapa besar bunga pinjaman yang akan di kenakan kepada calon debitur, jika penilaian kredit yang anda dapatkan nilainya kecil masih ada kemungkinan anda dapat memperoleh pinjaman tetapi dengan bunga yang lebih tinggi/plapon pinjaman yang rendah dan anda di haruskan memberikan jaminan kredit tertentu.

Penilaian kredit ini akan membantu pihak kreditur/bank/lembaga pembiayaan dalam menganalisa permohonan kredit anda selain faktor kualitatif lainnya, selain itu dengan penilaian kredit / kredit scoring kreditur/bank/lembaga pembiayaan dapat membandingkan informasi debitur dengan kinerja pinjaman nasabah lainnya dengan jenis profil yang sama.

Penilaian kredit ini merupakan kumpulan data calon debitur yang di ambil dari data aplikasi pinjaman calon debitur, selain menggunakan program statistik yang berisi data sejarah pinjaman anda dari waktu ke waktu.
Data ini seringkali berisi tentang siklus pembayaran tagihan/angsuran anda, apakah anda membayar tagihan angsuran tepat waktu atau tidak serta berapa banyak jumlah kredit yang masih anda miliki dan berapa jumlah kredit yang pernah anda miliki.

Di Indonesia saat ini data laporan kredit/credit report dapat dilihat dari data yang di miliki oleh Bank Indonesia yang di kelola oleh Biro Informasi Kredit. Laporan kredit/credit report ini berguna tidak hanya bagi pemberi kredit dalam menganalisa permohonan kredit calon debitur, juga bagi para penerima kredit khususnya debitur UMKM.

Di bawah ini adalah daftar salah satu contoh penilaian kredit/credit scoring (di kutip dari carajadikaya) yang di lakukan oleh kreditur/bank/lembaga pembiayaan, daftar penilaian kredit ini biasanya berisi informasi sebagai berikut :

1. Usia
2. Status perkawinan
3. Jumlah tanggungan
4. Pekerjaan Suami dan Istri
5. Status tempat tinggal
6. Status pendidikan
7. Pekerjaan & jabatan / Jenis pekerjaan
8. Tempat bekerja / Bidang usaha
9. Lama bekerja pada pekerjaan dan jabatan saat ini
10. Total lama bekerja/masa kerja
11. Pendapatan bersih tiap bulan
12. Pendapatan lainnya
13. Jumlah hutang pribadi
14. Hubungan dengan bank/lembaga pembiayaan
15. Jenis jaminan pinjaman
16. Kredit dengan bank/lembaga pembiayaan lainnya pada saat ini
17. Kepemilikan kartu kredit/debit
18. Kepemilikan kendaraan

Setiap informasi pada item di atas pastinya memiliki bobot yang berbeda, informasi penting seperti ketepatan pembayaran tagihan angsuran pinjaman anda memiliki nilai bobot yang lebih tinggi dari item lainnya.

solusi kredit gadai bpkb
solusi kredit gadai bpkb
Keyword : Tanda penerima kredit yang baik dan yang buruk, solusi kredit, kredit multiguna, jaminan gadai, gadai bpkb mobil, gadai bpkb motor, proses cepat, syarat ringan, bpkb aman, pinjaman terima full tanpa potongan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang baik, terimakasih.

Post Top Ad

Halaman